Saturday, May 27, 2017

Makanan Yang Menyebabkan Gatal dan Alergi Badan

Makanan Yang Menyebabkan Gatal dan Alergi Badan 

Tentunya bukan hal yang aneh lagi kalau makanan adalah sebagai sumber energi utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Banyak sekali jenis makanan yang dapat kita konsumsi setiap hari. Kita tidak cukup hanya mengkonsumsi satu atau dua makanan saja setiap harinya. Untuk melengkapi kebutuhan tubuh dan penghasil energi kita meski makan yang terdiri dari makanan pokok, buah-buahan, sayuran, susu, daging, dan sebagainya. Disaranan agar makan yang sangat kaya akan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Baca Juga : Menghilangkan Rasa Gatal Di Badan 

Dengan makan makanan yang cukup akan nutrisi dan vitamin maka manusia akan mampu beraktifitas dengan semangat dan juga menyehatkan badan. Tapi tahukah Anda bahwa dibalik banyaknya manfaat makanan bagi tubuh ada juga jenis makanan yang mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh. Bahkan makanan ini umumnya sangat disarankan untuk dikonsumsi, tapi lain lagi bagi penderita penyakit tertentu justru makanan ini harus dihindari.


Makanan yang baik dan menyehatkan malah akan berdampak buruk bagi manusia yang kondisi tubuhnya sedang tidak baik. Makanan kaya akan vitamin dan gizi justru malah akan berdampak tidak baik seperti bagi penderita penyakit kulit dan alergi. Mengkonsumsi makanan yang dianggap baik bagi kesehatan tubuh justru malah berakibat jelek bagi penderita gatal-gatal badan. Maka dari itu please jangan makan makanan ini jika Anda saat ini sedang menderita gatal-gatal atau alergi kulit.

Jadi belum tentu baik bagi kesehatan tubuh jika Anda mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. Kondisi tubuh sedang tidak baik terutama jika menderita gatal dan alergi maka harus pintar dalam memilih jenis makanan. Disamping itu jika pengolahan makanan tidak dilakukan sesuai prosedur, tidak dibersihkan dahulu, maka hal inipun bisa menyebabkan gatal-gatal di kulit.

Berikut Adalah Makanan Yang Menyebabkan Gatal Di Badan Dan Alergi Kulit, Mengingat belum tentu makanan kaya nutrisi akan memberikan dampak baik bagi kita, maka jika tingkat sensitifitas seseorang tinggi terhadap makanan sangat disarankan untuk menghindari makanan yang menyebabkan gatal dan alergi.

1. Seafood
Makanan yang bisa menyebabkan gatal di badan pertama adalah seafood. Stop jangan makan seafood jika Anda saat ini sedang menderita penyakit gatal-gatal atau alergi terhadap makanan. Makanan jenis seafood seperti cumi-cumi, kepiting, tiram, dan sebagainya bisa menimbulkan gatal-gatal di kulit Anda.

2. Udang
Sebetulnya udang masih dikelompokkan kedalam makanan jenis seafood juga. Kenapa udang harus dihindari bagi penderita gatal? Udang memiliki kada protein yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi udang maka biasanya akan menimbulkan bercak-bercak merah pada kulit. Bagi Anda yang alergi terhadap makanan udang sebaiknya untuk sementara menghindarinya terlebih dahulu.

3. Telur
Siapa yang menyangka kalau dengan mengkonsumsi telur akan menyebabkan gatal di badan. Ya memang benar kalau telur ayam akan menyebabkan gatal juga bagi penderita penyakit gatal dan alergi. Telur juga mengandung protein yang sangat tinggi. Dengan begitu bagi penderita gatal-gatal di badan sebaiknya harus menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur ayam. Alergi kulit akan semakin parah jika Anda selalu mengkonsumsi telur ayam setiap hari.

4. Laron
Apakah Anda termasuk yang suka mengkonsumsi makanan jenis laron? Jika iya berhentilah mulai dari sekarang kalau memang Anda sedang menderita penyakit gatal. Makanan jenis serangga ini juga mengandung protein yang sangat tinggi sehingga akan menyebabkan benjol-benjol pada permukaan kulit dan terasa sangat gatal.

5. Gembili
Gembili adalah makanan yang termasuk kedalam kelompok makanan layaknya ketela pohon karena makanan ini dimakan bagian akarnya. Makanan ini pada kondisi tertentu dapat menyebabkan gatal-gatal pada bagian lidah serta mulut. Namun gembili dapat menyebabkan gatal bisa disebabkan karena cara pengolahannya yang tidak benar yaitu tidak dicuci dulu sampai bersih. Maka jika gembili yang dimakan tidak dibersihkan dulu secara sempurna akan meninggalkan getah yang pada akhirnya menimbulkan gatal.

6. Kacang-kacangan
Masyarakat Indonesia sangat menggemari makanan jenis kacang-kacangan. Makanan ini memang sangat kaya akan berbagai variasi olahan. Namun sayangnya bagi Anda penderita penyakit kulit seperti jerawat, bisul, dan gatal-gatal sebaiknya untuk menghindari jenis makanan ini. Apapun makananannya yang diolah dari kacang-kacangan maka sebaiknya untuk menghindarinya terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar sembuh dari penyakit gatal. Kacang-kacangan ini banyak mengandung protein yang dapat memperparah keadaan gatal-gatal di badan. Banyak ahli medis dan ahli gizi mengatakan kalau kacang-kacangan dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

7. Ikan dan Daging
Mengkonsumsi ikan dan daging terlalu berlebihan atau mengkonsumsinya ketika Anda sedang menderita penyakit gatal maka akan menyebabkan urtikaria atau infeksi kulit serta rasa gatal. Maka dari itu untuk sementara sebaiknya Anda berhenti atau mengurangi dulu jumlah porsi konsumsi ikan dan daging setiap harinya.

8. Susu Sapi
Siapa yang mengira kalau minuman menyehatkan ini juga ternyata dapat menyebabkan rasa gatal di badan. Protein kasein serta kandungan beta- lactoglubin yang terdapat dalam susu sapi ini adalah pemicu timbulnya alergi serta gata badan.

9. Tepung Terigu
Saat menderita penyakit gatal di badan sebaiknya juga mengurangi konsumsi tepung terigu dalam setiap harinya. Dalam kondisi tubuh tertentu tepung terigu ini dapat menyebabkan alergi pada kulit.

10. Garam
Garam sangat baik untuk menyembuhkan rasa gatal di badan dengan cara merendam kulit yang gatal dengan air hangat dicampur garam. Namun untuk mengkonsumsi garam sebaiknya Anda mengurangi dulu. Bumbu dapur yang bisa dikatakan wajib ini untuk menambah rasa makanan kandungan natriumnya akan menyerap air di dalam tubuh kita. Dehidrasi dan juga kekurangan cairan akan membuat kulit kita kering dan pemicu utama penyebab gatal di badan.

Selain untuk menghindari 10 makanan diatas yang bisa menyebabkan gatal, gatal juga bisa terjadi karena keringat serta kuman yang menempel pada kulit kita. Maka dari itu sebaiknya Anda juga untuk rajin menjaga kebersihan terutama kebersihan tubuh seperti rajin mandi menggunakan air bersih dan sabun. Jangan membiasakan menggunakan pakaian yang sudah kotor dan bau keringat karena akan memicu munculnya rasa gatal-gatal.

Umumnya makanan-makanan diatas yang dapat menimbulkan gatal adalah makanan yang mengandung atau kaya akan protein. Untuk itu selain makanan yang disebutkan diatas maka untuk sementara Anda berhenti dulu mengkonsumsi makanan kaya protein lainnya sebelum penyakit gatal di badannya benar-benar sembuh.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin


My Video

No comments:

Iklan Google